Tali Jiwo (Taman Peduli Jiwa Warga ODGJ)

  • Jul 12, 2022
  • kim pesanggrahan

Tali Jiwo adalah inovasi dari Kelurahan Taman terkait dengan permasalahan-permasalahan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) dengan melibatkan partisipasi masyarakat serta peran serta lintas sektor yang membidangi penangganan sosial, kesehatan, keamanan dan ketertiban di wilayah Kelurahan Taman sejak Tahun 2022 sampai dengan saat ini. Program Tali Jiwo hadir sebagai bentuk kepedulian Kelurahan Taman terhadap warganya yang mengalami gangguan jiwa.

Sejak pelaksanaan awal kegiatan Layanan Tali Jiwo dalam penangganan ODGJ di Kelurahan Taman telah melaksanakan kegiatan sebagai berikut  membentuk media komunikasi terpadu lintas sektor melalui grup whatsapp  yang beranggotakan perangkat kelurahan, tim medis, tim evakuasi rehabsos, babinsa, babinkantibmas, psm dan linmas yang berisi tentang laporan penangganan ketidakstabilan penderita ODGJ dari keluarga. 

Tali jiwo dimaksudkan agar warga yg menderita ODGJ bisa mencapai kualitas hidup yg lebih baik. Kualitas hidup yang lebih baik dalam arti jiwa yang sehat, tidak tertekan, tidak ketakutan ataupun gangguan lain yang bisa mengganggu kesehatan jiwanya.